Cara Cuan dari Iklan Facebook 2024

Di era digital saat ini, beriklan di Facebook menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penghasilan. Namun, cara iklan di Facebook bisa dibilang susah-susah gampang, karena dengan jutaan pengguna yang aktif setiap harinya, tentu saja perlu trik khusus.
Iklan Facebook memiliki jangkauan yang sangat luas dan dapat disesuaikan dengan target audiens yang spesifik. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menjangkau orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan mereka, sehingga meningkatkan peluang konversi dan penghasilan.

Cara Dapat Penghasilan dari Iklan Facebook

Sebelum melangkah ke strategi dapat penghasilan dari iklan Facebook, mari kenali terlebih dahulu berbagai jenisnya, diantaranya ada iklan gambar, video, carousel, koleksi, slide show, dan lead generation.
Selanjutnya, ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan penghasilan dari iklan Facebook:

Menentukan Tujuan

Langkah pertama yang paling basic adalah membuat iklan Facebook adalah dengan membuat akun iklan di Facebook Ads Manager. Ini adalah platform yang akan Anda gunakan untuk membuat, mengelola, dan menganalisis iklan.
Kemudian, tentukan tujuan iklan untuk membantu merancang kampanye yang lebih efektif. Karena setiap kampanye iklan harus memiliki tujuan yang jelas, seperti meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web, atau menghasilkan penjualan.

Tentukan Target Audiens

Facebook menawarkan alat penargetan yang sangat canggih, manfaatkan ini untuk menargetkan audiens berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, minat, perilaku, dan banyak lagi.
Pastikan untuk menargetkan audiens yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Selanjutnya, buatlah konten yang relevan dengan target audiens dengan menggunakan gambar atau video berkualitas tinggi, dan pastikan copywriting jelas dan persuasif.

Tentukan Anggaran dan Jadwal Iklan

Tentukan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk iklan dan berapa lama kampanye akan berjalan. Facebook menawarkan fleksibilitas dalam hal anggaran dan jadwal, memungkinkan untuk menyesuaikan kampanye sesuai dengan kebutuhan.

Melakukan A/B Testing

A/B testing adalah proses menguji dua versi iklan yang berbeda untuk melihat mana yang berkinerja lebih baik. Ini membantu mengoptimalkan iklan Anda untuk hasil yang lebih baik.

Terapkan Strategi Optimasi Iklan Facebook

Untuk dapat penghasilan dari iklan Facebook, maka erat kaitannya dengan strategi optimasi, yang mana ini melibatkan jumlah like, followers yang tinggi, dan jumlah tayangan iklan itu sendiri.
Manfaatkan sejumlah fitur seperti Facebook Pixel sebagai alat analitik untuk melacak tindakan pengguna situs web, retargeting, Custom Audiens untuk menargetkan iklan ke pengguna, dan Lookalike Audience untuk menjangkau audiens baru.
Kabar baiknya, sekarang telah ada tools monetisasi facebook dari Viralizer yang membantu mendongkrak strategi optimasi iklan Anda lebih kuat. Sejumlah layanan yang tersedia telah mendapat review positif dari YouTuber besar Indonesia untuk mengiklankan channel mereka.

Ukur Keberhasilan Iklan

Setelah menerapkan cara di atas, jangan lupakan iklan Anda begitu saja. Karena untuk dapat penghasilan dari iklan Facebook, masih ada langkah penting yang harus dilalui, yakni mengukur keberhasilan iklan.
Mulai dari menggunakan Facebook Insight yang didalamnya terdapat jumlah klik, jangkauan, interaksi, dan kinerja iklan, Facebook Ads Manager sebagai alat utama untuk mengelola kampanye iklan, dan menggunakan metode pelacakan konversi, seperti Facebook Pixel untuk melacak tindakan spesifik yang dilakukan pengguna untuk melihat iklan Anda.

Kesimpulan

Selain daripada itu, ada cara iklan di Facebook yang paling bombastis agar dapat penghasilan, yaitu meningkatkan followers profil halaman agar makin menarik di mata audiens.

Aplikasi penambah followers Facebook dari Sosial Booster adalah rekomendasi terbaik untuk mendapatkan banyak pengikut agar audiens iklan naik drastis dan memicu komunikasi aktif.